Apr 9, 2008

Profil Robert Kubica



Nama lahir Robert Kubica
Tempat Tanggal Lahir

Krakow, Polandia
7 Desember 1984

Status Single
Tinggi 184 cm
Berat 73 kg
Pekerjaan Pembalap F1
Debut Hungaria 2006 (bersama BMW-Sauber)
Tahun aktif 2006-...

Robert Kubica yang lahir pada tanggal 7 Desember 1984 di Krakow adalah seorang pembalap Formula 1 asal Polandia. Ia merupakan pembalap Polandia pertama dan satu-satunya hingga saat ini diajang Formula 1. Kubica saat ini membalap untuk tim BMW-Sauber bersama rekan setimnya yang berasal dari Jerman, Nick Heidfeld.


Profil


Melihat Polandia, kita akan ingat seorang tokoh agama dunia yang terkenal sangat bijak, yaitu (alm.) Paus Johannes Paulus II yang juga berasal dari negara tersebut. Kubica yang nota bene merupakan pembalap F1 pertama dari Polandia secara tidak langsung ikut menaikkan nama Polandia diajang F1 semenjak ia turun pada GP Hungaria 2006. Padahal sebelumnya, popularitas F1 di Polandia kalah jauh dibanding olah raga lainnya.


Pra Formula 1


Seperti kebanyakkan pembalap lain, Kubica besar dan matang diajang karting sebelum akhirnya ia pindah ke ajang open wheeler pro. Ia sempat turun diajang Renault World Series yang turut membesarkan nama Heikki Kovalainen. Bahkan terang-terangan bos Renault, Flavio Briatore mengiming-imingi ia dengan peluang masuk ke F1 asalkan mau bergabung dengan tim manajemen miliknya pada. Namun Kubica secara halus menolak tawaran Flav, karena ia yakin masih banyak jalan menuju ajang Formula 1.


Sebelum Kubica menolak tawaran Flavio, ia sempat menguji mobil Renault F1 pada 2005 lalu dan sempat menunjukkan potensi tersembunyinya. Akhirnya tim BMW-Sauber melalui DR. Mario Theissen menawarkan kursi test driver pada 2006 sekaligus memupus harapan Flavio untuk mencoba membujuk Kubica untuk kedua kalinya.


BMW-Sauber (2006-…)


Debutnya diajang F1 semula disiapkan untuk musim 2007. Namun pengunduran diri Jacques Villeneuve (beberapa orang dalam BMW mengatakan bahwa JV dipecat) di GP Hungaria 2006 membuat Kubica naik pangkat sebagai pembalap. Ia langsung membayar kepercayaan BMW dengan finish di P8 sebelum akhirnya di diskualifikasi akibat bobot mobil yang terlalu rendah.


Namun di GP Italia ia sukses mengalahkan rekan setimnya yang penuh pengalaman, Nick Heidfeld dengan finish podium di P3, dimana disaat yang sama, Michael Schumacher mengumumkan berita pensiun dirinya diakhir musim dan Kimi Raikkonen menggantikan posisinya di Ferrari untuk 2007.


Pada 2007 Kubica saling membantu bersama Heidfeld untuk menaikkan posisi klasemen BMW di kejuaraan konstruktor. Ia mengalami kecelakaan hebat di Kanada ketika mobilnya terguling-guling akibat salah antisipasi safety car dan manuver aneh Jarno Trulli. Posisinya digantikan Sebastian Vettel untuk satu balapan dan ia kembali di GP Prancis.


Mungkin penyesalan besar Kubica di 2007 adalah pada saat GP China. Berbekal bahan bakar sampai finish di GP yang diwarnai hujan tersebut, ia memimpin lomba, namun kerusakkan girboks memupus harapannya untuk memenangi lomba. Dan posisinya diserahkan kepada Kimi Raikkonen.


Pada 2008 Kubica mengawali musim dengan baik saat ia finish di posisi runner-up pada GP Malaysia setelah Ferrari Felipe Massa bermasalah. Di GP selanjutnya di Bahrain, ia mencatatkan sejarah sebagai pembalap Polandia pertama yang berhasil meraih pole position, namun di balapan ia hanya mampu meraih posisi ketiga dibelakang Felipe Massa dan Kimi Raikkonen


Penghargaan


  • 2006, F1 Racing Magazine – Rookie of the Year


Statistik


  • 2005, Renault F1 – test car
  • 2006-…, BMW-Sauber – Pembalap, podium pertama di GP Italia 2006


Share and Bookmark:

0 comments: